obat pengecil perut

obat perut buncit

tips-diet

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan diet demi menurunkan berat badan, namun terkadang terkendala oleh penyakit maag yang dideritanya. Mereka menganggap bahwa diet akan memicu maag, padahal jika melakukan diet yang benar maka tidak akan timbul gangguan maag.

Maag terjadi apabila pola makan yang diterapkan berubah. Jadi, apabila jadwal makan menjadi tidak teratur, lambung akan menjadi sulit untuk beradaptasi dan jika produksi asam lambung terjadi secara terus-menerus, dinding mukosa pada lambung akan mengalami iritasi. Sehingga akan muncul kondisi mual dan rasa perih yang pada akhirnya akan menggagalkan diet.

Berikut adalah beberapa tips yang benar bagi penderita maag jika ingin melakukan diet:

1. Buatlah Jadwal Pola Makan
Bagi penderita maag, jadwalkan pola makan tiga jam sekali dengan jumlah porsi yang kecil atau sedikit. Jangan biasakan untuk menunda waktu makan, karena perut yang kosong dalam waktu yang lama karena kebiasaan ini akan menyebabkan tidak adanya makanan atau minuman yang harus dicerna oleh lambung. Asam lambung bersifat iritatif (mengikis), dan apabila di dalam lambung kita tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri, sehingga kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung. Jadi, biasakanlah untuk makan tepat waktu.

2. Jauhi Makanan Pencetus Maag

Hindari makanan-makanan yang sulit dicerna karena dapat membuat lambung bekerja ekstra, sehingga akan memperlama pengosongan lambung dan menghasilkan lebih banyak asam. Contohnya adalah cokelat, keju, kue dengan krim, gorengan, dan makanan dengan kadar lemak tinggi. Sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi makanan yang bersifat pedas (cabai, merica, paprika, atau bumbu-bumbu yang beraroma kuat/ pedas lainnya) dan yang menghasilkan gas setelah dikonsumsi (sawi, kol, kubis, nangka, pisang ambon, kedondong, dan berbagai jenis buah yang dikeringkan).

3. Berpikir Positif

Meskipun stres bukan penyebab maag, namun stres adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk maag dan bisa menunda waktu penyembuhan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpikir positif dan menjauhkan pikiran dari hal-hal buruk.

4. Hindari Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab produksi asam dan gas menjadi berlebihan dalam lambung. Gejala yang akan dirasakan adalah mual, perut kembung, dan nyeri walaupun tidak pernah terlambat makan. Kebiasaan merokok juga akan menambah sekresi asam lambung yang mengakibatkan timbulnya atau bertambah beratnya maag hingga bisa menyebabkan tukak lambung.

5. Olahraga

Diet akan berhasil dan mencapai hasil maksimal jika dibarengi dengan olahraga yang teratur. Lakukanlah olahraga ringan, seperti berlari atau berjalan kaki di pagi hari.

Tidur yang Cukup

Tidak hanya pola makan, pola tidur juga harus teratur. Karena pola tidur yang salah dan tidak cukup adalah salah satu penyebab utama maag. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tidur 7-8 jam per hari.

 

 

Sumber

6 Tips Diet Bagi Penderita Maag